Antara Dunia Shinobi dan Politik

4 04 2013

pks

Oleh: Arga Nur Pratama

PKS (Klan Senju) vs PDIP (Klan Uchiha)

Bagi anda yang sering menonton film naruto, pasti anda tidak merasa asing lagi dengan nama klan Senju dan Klan Uchiha. Kedua klan ini adalah 2 klan terkuat dimasanya. Bahkan sering dari Negara – Negara lain membayar kedua klan ini untuk memenangkan pertarungan. Klan Senju yang merupakan klan yang menginginkan kekuasaan dengan cara perdamaian dan cinta, bertolak belakang dengan klan Uchiha yang menginginkan kekuasaan dengan kebencian.

Ini pulalah yang terjadi di dunia perpolitikan Indonesia. Kedua partai politik ini yaitu PKS (Klan Senju) dan PDIP (Klan Uchiha) yang akhir – akhir ini sering beradu kekuatan politik di tingkat pemilihan gubernur. Bisa dibilang kedua partai inilah memang yang terkuat. Meskipun keduanya sama – sama kuat, tapi hanya akan ada satu juga yang keluar menjadi pemenang.

JIka kita lihat di Pilgub Jabar, maka yang keluar sebagai pemenang adalah PKS. Begitupun ketika di Pilgub Sumut, yang menjadi pemenang adalah PKS. Hal ini serupa pula seperti kisah pertarungan klan Senju dan Klan Uchiha , mereka sama – sama kuat tapi klan Senju lah yang keluar menjadi pemenangnya. Selain masalah pertarungan, hal yang menarik disini adalah bahwa symbol partai dari PKS mirip dengan symbol klan Senju. Sama halnya dengan symbol partai dari PDIP yang mirip dengan symbol klan Uchiha.

Terlepas dari itu semua, jika kita melihat pada realita memang seperti itulah kenyataannya. Mengapa pula dikatakan jika PDIP itu ibarat klan Uchiha, karena jika dilihat dari tingkah laku mereka pada saat Pilgub Jabar dan Sumut beberapa minggu lalu. PDIP cenderung bersifat agresif dan tak mau menerima kekalahan mereka. Hingga mereka mengatakan bahwa pasangan lain melakukan kecurangan. Namun sampai sekarang kecurangan itu tak dapat terbukti.

Melihat sikap dari PDIP yang seperti itu, PKS hanya tersenyum dan tidak melakukan serangan balasan. Inilah mengapa tadi disebutkan bahwa PKS (Klan Senju) menginginkan kekuasaan dengan cara perdamaian dan cinta. Dan diakhir cerita disebutkan pula bahwa yang menjadi Hokage (Pemimpin Suatu Daerah) adalah dari klan Senju. Ini pulalah yang terjadi, pada akhirnya PKS lah yang menjadi pemimpin di daerah Jabar dan Sumut.

PKS (Konohagakure) & Semua Ormas Islam Bersatu

Diatas ada suatu peristiwa yang terjadi dimana seluruh desa bersatu untuk melawan kelompok Kabuto, Tobi, dan Madara yang berasal dari klan Uchiha. Hal itu terjadi pada Perang Dunia Shinobi ke – 4. Lawan yang mereka hadapi pun bukan hanya ketiga orang tersebut, akan tetapi mendapat bantuan dari salah satu anggota akatsuki, yaitu Zetsu. Dimana dari setiap kelompok desa mendapat jatah tugas masing – masing sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Hal ini pun sama halnya dengan kondisi perpolitikan Indonesia. Di atas  saya menganalogikan PKS sebagai Klan Senju, namun disini saya menganalogikannya sebagai konohagakure. Maksudnya bukan lepas dari analogi awal, akan tetapi Konohagakure sendiri didirikan oleh Klan Senju. Dan kasus yang terjadi saat ini adalah berkaitan dengan desa.

Akhir – akhir ini kita sering mendengar bahwa beberapa ormas Islam akan bersatu dengan PKS. Salah satunya adalah HTI, dalam menyikapi RUU ormas HTI beberapa kali sering menemui PKS. Koordinasi dan komunikasi yang terjadi ini bias menjadi sebuah pertanda bahwa sudah munculnya rasa keterikatan satu sama lainnya.

Jika dilihat dari alur ceritanya, bersatunya HTI dengan PKS untuk membangun kekuatan menolak RUU ormas. Itu baru dari sisi yang sempit, lebih luas lagi adalah Perang Dunia Shinobi ke-4 (Pemilu 2014). Seluruh ormas Islam agar bersatu bersama PKS untuk memenangkan Pemilu 2014. Karena tentunya PDIP yang dikaitkan sebagai Klan Uchiha akan menjadi lawan yang sangat tangguh bagi PKS dan ormas Islam lainnya.

Selain itu PDIP tidak hanya bekerja sendiri, ia akan dibantu oleh beberapa tokoh besar dibelakangnya seperti Jokowi, dan mungkin bisa jadi Prabowo Subianto. Jangan salah, kedua tokoh ini memiliki pengaruh besar dalam pendongkrakan suara di Pemilu 2014. Karena pada Pilgub di beberapa daerah, PKS hanya kalah di Jakarta oleh PDIP yang mana calonnya adalah Jokowi dan itupun ada campur tangan Prabowo.

Ada isu yang beredar jika Probowo memenangkan Pemilu 2014, maka Indonesia akan kembali ke orde baru. Jadi wajar saja jika seluruh ormas Islam bersatu untuk membantu memenangkan PKS di Pemilu 2014. Dengan melihat realita yang terjadi sekarang inilah yang bisa jadi mendasari rasa persatuan ini muncul. Dengan banyaknya masalah yang timbul di bidang yang berbeda, tentu butuh sinergi antar setiap golongan.

PKS yang berjuang di bidang parlemen, HTI yang berjuang di bidang pemahaman Khilafah, Salafi di penanganan tentang bid’ah, FPI berjuang untuk masalah minuman keras dan tempat – tempat prostitusi, Jamaah Tabligh yang berjuang dengan blusukan kerumah warga – warga, dan ormas – ormas lainnya yang berjuang dengan sesuai dengan kemampuan pada bidang – bidang yang dimiliki.

Itu pulalah yang dilakukan pada aliansi desa shinobi, mereka berjuang sesuai dengan kemampuan pada bidang yang dimiliki. Ketika semua bersatu tentu akan lebih mudah untuk mengalahkan musuh. Dan sampai sekarang pun peperangan itu masih berlanjut, baik dalam kisah shinobi naruto maupun dalam dunia perpolitikan Indoenesia. Kita sampai saat ini masih belum bisa memprediksi siapa yang akan memenangkan peperangan ini. PKS kah atau PDIP ?

*http://politik.kompasiana.com/2013/04/02/antara-dunia-shinobi-dan-politik-pks-klan-senju-vs-pdip-klan-uchiha-547361.html

*http://politik.kompasiana.com/2013/04/04/antara-dunia-shinobi-dan-politik-pks-konohagakure-semua-ormas-islam-bersatu-2-547754.html


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s