PKS Bebas ‘Lenggang Kangkung’, Karena ‘Pak Beye’ Sangat Berhitung

15 04 2012

LENSAINDONESIA.COM: Sampai saat ini posisi Partai Keadilan Sejahera (PKS) belum jelas dan terkesan menggantung dalam koalisi. Pasalnya, walaupun beberapa anggota koalisi terang-terangan menghendaki PKS keluar dari Setgab, tapi PKS ngotot untuk tetap berada dalam barisan koalisi. Alias “lenggang kakung”, kekeh bergeming.

Malahan, PKS beralasan, sebelum SBY mengumumkan langsung tentang pemecatan, PKS akan  selalu ada dalam koalisi. SBY pun sampai saat ini belum mengambil langkah untuk PKS. Akibatnya, banyak yang beranggapan Ketua Dewan Pembina Demokrat itu  takut “menghukum” partai berlambang bulan sabit.

Menurut analisa pengamat politik dari Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung,  Prof Asep Warlan Yusuf, ada beberapa hal yang melatarbelakangi SBY terkesan takut mendepak PKS dalam
koalisi, tapi sebenarnya SBY cukup perhitung.

Ada empat kekuatan paling krusial yang dimiliki PKS, yang sangat diperhitungkan SBY. Menurut Asep, PKS memiliki infrastruktur partai yang sangat solid, memiliki tokoh muda yang cukup berkualitas, dan sebagai parpol Islam muda tapi moderat.

“PKS beda dengan partai Islam lainnya, PKS lebih moderat. Ini yang menjadi kekuatan tersendiri buat PKS,” ujar Asep saat diwawancarai LICOM, Minggu (15/04/12).

Selain itu, PKS memiliki akses politik yang sangat kuat di kampus. “Semua itu
menjadi pertimbangan SBY. Sehingga terkesan takut menendang PKS. Apalagi, SBY orangnya tidak suka ada musuh,” paparnya mengapresiasi sikap politik Pak Beye,  demikian sebutan akrab Presiden SBY oleh wartawan Kompas, Wisnu Nugroho. @hairul

 

Sumber : http://m.lensaindonesia.com


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s