Voting RUU Pemilu, PKS & PDIP Akan Berkoalisi

11 04 2012

INILAH.COM, Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sejalan perihal sistem pemilihan umum (pemilu). Keduanya menginginkan sistem tertutup.

Pada sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat, Rabu (11/4/2012), PKS dan PDIP akan ‘berkoalisi’ jika terjadi voting dalam pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu.

PKS dan PDIP menilai Pemilu 2009 dengan sistem terbuka terlalu boros dan memakan biaya yang mahal. Keduanya akan memperjuangkan sistem tertutup pada paripurna kali ini.

Lagi-lagi, PKS berbeda dengan partai koalisi lainnya perihal sistem pemilu. Sekretariat Gabungan (Setgab) telah memutuskan partai koalisi memilih sistem terbuka.

“Mengingat usulan mereka untuk item yang menjadi perjuangannya kurang mendapat dukungan partai lainnya, misalnya pemilu sistem tertutup yang diperjuangkan PDIP dan PKS,” ujar Sekretaris Fraksi PKS DPR Abdul Hakim, Jakarta, Rabu (11/4/2012).

Selain itu, ada hal yang lain yang masih dalam perdebatan terkait RUU Pemilu seperti besaran parliamentary threshold (PT). Partai Golkar kabarnya masih ngotot empat persen. Partai Demokrat sudah menyetujui 3,5 persen.

Sidang paripurna yang membahas RUU Pemilu bakal menarik. PKS berbeda dengan partai koalisi lainnya, sama seperti ketika paripurna terkait penaikan harga bahan bakar minyak subsidi pada Jumat (30/4/2012). [bar]

Sumber : http://nasional.inilah.com


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s