PKS Inginkan Sistem Pemilu Murah dan Simpel

4 04 2012

ImageREPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Lobi untuk penyelesaian RUU Pemilu terus dilakukan dalam Sekretariat Gabungan (Setgab) partai koalisi. Agus Purnomo dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengaku tidak masalah dengan berbagai usulan yang berkembang. Mulai dari besaran ambang batas parlemen (parliamentary threshold-PT) hingga penetapan sistem pemilu.

“Kita tidak ada masalah. Tapi inginnya kita pemilu simpel dan murah, kecurangan lebih kecil dan kontrol partai lebih kuat. Makanya kita usulkan sistem tertutup. Meskipun kalau hanya kita dan PDIP pasti akan kalah. Tapi kita lihat perkembangan ke depan,” tutur dia, Rabu (4/4).

Namun, Agus memperkirakan, Setgab pasti akan alot membahas metode konversi suara, yaitu penentuan kuota dan divisor. Untuk sistem kuota pun usulan Demokrat dan partai lain itu berbeda. Demokrat menggunakan kuota berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) yang lebih menguntungkan pihaknya.

“Jadi, sisa suara itu berasal dari partai yang mencapai BPP. Jika masih ada sisa, baru dikasih ke yang lain. sementara pengertian partai lain, sisa suara itu dikumpulkan dan habis dibagi di tingkat dapil,” kata Agus.

Sumber : http://www.republika.co.id


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s